Kamis, 26 Februari 2009

Bika Ambon

Kue Bika Ambon


Topik: Kue Tradisional



Membuat kue bika ambon memang gampang-gampang susah. Proses fermentasi yang melibatkan ragi perlu penanganan khusus. Belum lagi metode pembuatan yang harus dipanggang dengan oven sedikit terbuka. Namun jerih payah ini akan setimpal jika kue harum, wangi dan lembut bika ambon berhasill Anda buat. Selamat Mempraktekan. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Bahan A:

Tepung ketan 200 g

Ragi instan 20 g

Gula pasir 4 sdm

Air hangat 200 ml

Bahan B:

Tepung ketan 400 g

Santan kental 1000 ml dari 3 butir kelapa

Gula pasir 700 g

Kuning telur 18 butir

Putih telur 8 butir

Daun jeruk purut 5 lembar

Garam halus ¼ sdt

Minyak untuk olesan

Cara Membuat:

1. Adonan A: campur tepung ketan, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Tuang air hangat aduk rata. Diamkan adonan selama 60 menit atau hingga adonan berbuih.

2. Adonan B: Didihkan santan dengan garam dan daun jeruk purut. Masak hingga santan mengental dan berminyak, ukur hingga menjadi 600 ml.

3. Di tempat terpisah, kocok kuning telur, putih telur dan gula menggunakan mixer selama 15 menit atau hingga mengembang. Tambahkan tepung ketan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tercampur rata.

4. Tuang adonan A ke dalam adonan B, aduk rata. Masukkan rebusan santan, aduk kembali hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama satu setengah jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin/loyang beroles minyak yang telah dipanaskan selama 10 menit. Panggang dalam oven bertemperatur 180 derajat celcius. Tungu hingga adonan berlubang-lubang baru oven ditutup.

6. Tutup oven dan gunakan api atas untuk mematangkan adonan. Panggang selama 25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan. Atur did alam piring saji. Hidangkan.

Untuk ± 25 Buah

Tip: Aduk adonan sebelum di masukkan ke dalam loyang agar tepung tidak mengendap. Gunakan api bawah saat pertama adonan masuk, buka tutup oven hingga timbul serat dan lubang-lubang dipermukaan adonan. Setelah terbentuk lubang-lubang baru pintu oven di tutup dan dimatangkan dengan api atas untuk memperoleh efek kuning kecokelatan pada permukaan kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar